MEKANISME DAN PROSES PENDAFTARAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU (PMB) UNIKAL TAHUN 2011

WAKTU DAN SYARAT PENDAFTARAN

1. Pendaftaran setiap jam kerja (jam 08.00 – 14.00 WIB) mulai tanggal 1 Pebruari 2011 dan berakhir setelah kuota mahasiswa terpenuhi atau paling lambat tanggal 25 Agustus 2011, khusus untuk FKIP pendaftaran ditutup pada tanggal 11 Agustus 2011, sedangkan untuk Fisiotherapi dan Farmasi menyesuaikan jadwal Departemen Kesehatan;

2. Pendaftaran pada tanggal 1 Pebruari sampai dengan 15 Maret 2011 dilaksanakan di BAAKSI UNIKAL, gedung B Lantai 1 dan selebihnya akan ditentukan kemudian;

3. Berkas pendaftaran terdiri dari:

Fotokopi ijasah SMU / SMK / MA dilegalisir ( 1 lembar) atau

Surat Keterangan Lulus dari sekolah asal atau Surat Keterangan Terdaftar sebagai siswa kelas XII yang dikeluarkan oleh pihak sekolah bagi calon mahasiswa yang mendaftar sebelum pelaksanaan ujian akhir sekolah atau yang belum menerima ijasah (1 lembar);

Bagi mahasiswa transfer / pindahan dari perguruan tinggi lain menyertakan fotokopi ijasah terakhir dan transkrip nilai dari perguruan tinggi asal (dilegalisir) sebanyak 2 lembar

Pasfoto terbaru berwarna uk. 3 x 4 sebanyak 4 lembar

Fotokopi KTP atau identitas lain yang masih berlaku 1 lembar

4. Khusus calon pendaftar yang memilih program studi Farmasi, Fisiotherapi dan Keperawatan perlu dicermati asal sekolah / lulusannya yaitu:

Farmasi : lulusan SMU / MA / SMK Farmasi;

Fisiotherapi : lulusan SMU / MA

Keperawatan: lulusan SMU / MA / SPK

MEKANISME PENDAFTARAN

1. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,- dibayar di Bank Muamalat kantor kas UNIKAL (depan gedung A);

2. Mengisi formulir pendaftaran yang dilampiri syarat-syaratnya ke bagian pendaftaran dan dimasukkan dalam stofmap;

3. Khusus calon mahasiswa yang memilih prodi Farmasi dan Fisiotherapi, sebelum melakukan proses pendaftaran terlebih dahulu dilakukan pengukuran tinggi badan dengan ketentuan minimal: untuk wanita 150 cm dan pria 155 cm

4. Setelah berkas pendaftaran lengkap dan diadministrasikan oleh petugas, calon mahasiswa akan mendapatkan Kartu Ujian Seleksi Masuk (KUSEM) sebagai syarat mengikuti proses seleksi

SELEKSI MASUK

1. Seleksi masuk UNIKAL dilaksanakan dengan 2 (dua) model yaitu sistem seleksi langsung setelah mahasiswa mendaftar (One Day Service) dan sistem seleksi kolektif yang pelaksanaannya terjadwal.

2. One day service dilaksanakan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Manajemen, Akuntansi (Fakultas Ekonomi), Ilmu Hukum (Fakultas Hukum), Budidaya Perairan (Fakultas Perikanan), Agroteknologi (Fakultas Pertanian), Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (Fakultas Ilmu Kesehatan).

3. Sedangkan seleksi kolektif dilaksanakan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) serta program studi D-3 Farmasi dan Fisiotherapi (Fakultas Ilmu Kesehatan)

4. Pelaksanaan seleksi kolektif untuk FKIP dijadwalkan dalam 3 (tiga) kali periode sedangkan untuk Farmasi dan Fisiotherapi menyesuaikan jadwal yang disusun oleh Departemen Kesehatan

5. Khusus calon mahasiswa prodi Farmasi, Fisiotherapi dan Keperawatan yang telah dinyatakan lulus seleksi tertulis diwajibkan mengikuti Test Kesehatan di Puskesmas Bendan dengan jadwal dan koordinasi pelaksanaannya ditentukan kemudian oleh pihak Fakultas Ilmu Kesehatan

6. Biaya test kesehatan menjadi tanggung jawab masing-masing peserta seleksi

7. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi akan mendapatkan keterangan lulus seleksi dari panitia yang akan dipakai sebagai bukti untuk melakukan registrasi mahasiswa baru

Berikut ini adalah jadwal pelaksanaan seleksi masuk PMB tahun 2011:

jadwal pelaksanaan seleksi masuk PMB tahun 2011

Jadwal pelaksanaan seleksi masuk PMB tahun 2011


(Klik gambar untuk memperbesar)

 

REGISTRASI

Registrasi merupakan kegiatan administrasi untuk memastikan bahwa calon mahasiswa telah terdaftar sebagai mahasiswa baru UNIKAL. Ketentuan registrasi adalah sebagai berikut:

1. Dilaksanakan paling lambat 10 (sepuluh) hari kerja setelah dinyatakan lulus seleksi;

2. Registrasi dilakukan di tempat pendaftaran;

3. Berkas yang dibawa pada saat registrasi adalah:

Surat Keterangan Lulus Seleksi yang dikeluarkan oleh panitia;

Membawa ijasah asli untuk ditunjukkan kepada petugas;

Menyerahkan surat ijin belajar bagi calon mahasiswa yang sudah bekerja sebagai PNS (termasuk TNI / Polri);

5. Dalam proses registrasi, calon mahasiswa akan memperoleh berkas registrasi yang terdiri dari:

Kartu Rencana Studi (KRS) semester I sesuai dengan prodi pilihan;

Slip / blangko pembayaran;

Formulir surat pernyataan sebagai calon mahasiswa UNIKAL;

Lembar informasi kegiatan pra-kuliah

6. Setelah memperoleh berkas, maka langkah selanjutnya adalah:

Formulir surat pernyataan dibaca terlebih dahulu kemudian diisi dan ditandatangani oleh calon mahasiswa;

Blangko KRS semester I diisi sesuai dengan penawaran mata kuliah masing-masing prodi dan ditandatangani oleh calon mahasiswa;

Blangko KRS yang telah diisi kemudian dimintakan pengesahan ke Fakultas masing-masing (ditandatangani oleh pejabat fakultas dan distempel);

Melaksanakan proses pembayaran sesuai dengan slip/blangko pembayaran di Bank Muammalat kantor kas UNIKAL;

7. Setelah proses tersebut angka 5 selesai, selanjutnya adalah:

Calon mahasiswa menyerahkan kembali berkas registrasi yang terdiri dari: Blangko KRS semester I yang telah diisi dan disahkan serta surat pernyataan yang telah ditandatangani kepada BAAKSI untuk diregistrasi;

Selanjutnya calon mahasiswa akan mendapatkan Nomor Pokok Mahasiswa (NPM); Kartu Bukti Pengambilan Jaket Almamater, Kaos Properti, Blocknote dan Buku Pedoman Akademik; Form / blangko akses internet dan kartu mahasiswa sementara

 

KOMPONEN BIAYA KULIAH

Komponen biaya kuliah di UNIKAL terdiri dari:

1. Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI), yang dapat diangsur 4 (empat) kali. Pembayaran lunas pada saat registrasi diberikan keringanan sebesar 10%

2. Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) dengan system paket untuk mahasiswa Reguler II dan per-SKS untuk mahasiswa Reguler I

3. Biaya Registrasi dibayarkan tiap semester, sedangkan mahasiswa Reguler II merupakan satu paket dengan SPP

4. Biaya/Dana Kemahasiswaan dibayarkan sekali selama masa studi

5. Biaya Internet dibayar tiap semester

6. Praktikum dibayar tiap semester, kecuali kelas Reguler II yang merupakan satu paket dengan SPP

Rincian selengkapnya dapat dilihat pada tabel berikut ini:

DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

 

(Klik gambar untuk memperbesar)

Keterangan :

Pembayaran SPI dapat diangsur 4 kali (lihat alokasi dan jadwal pembayaran)

*) Pembayaran SPI lunas pada angsuran I, mendapat keringanan sebesar 10%

**) Termasuk transfer

 

DAFTAR BESARAN BIAYA REGISTRASI, SPP, DANA KEMAHASISWAAN, INTERNET DAN PRAKTIKUM DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

DAFTAR BESARAN BIAYA REGISTRASI, SPP, DANA KEMAHASISWAAN, INTERNET DAN PRAKTIKUM DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

DAFTAR BESARAN BIAYA REGISTRASI, SPP, DANA KEMAHASISWAAN, INTERNET DAN PRAKTIKUM DAFTAR BESARAN SPI*) MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEKALONGAN TAHUN AKADEMIK 2011/2012

(Klik gambar untuk memperbesar)