Menuju Pengelolaan Laboratorium yang Lebih Baik

Dalam rangka upaya peningkatan mutu dan kinerja laboratorium di masa yang akan datang, tim laboratorium didaulat untuk membuat beberapa standar kerja (SOP) yang berkaitan dengan pengelolaan laboratorium. SOP yang telah dibuat diantaranya adalah :

1. SOP Pembelian Alat dan Bahan Praktikum
SOP ini menjelaskan alur pembelian alat dan bahan praktikum mulai dari permintaan dari masing-masing fakultas sampai monitoring kedatangan alat dan bahan yang telah diorder. SOP ini bertujuan untuk efisiensi alat dan bahan yang ada di laboratorium. SOP ini tidak berlaku untuk pembelian sample praktikum, seperti : susu, ikan, dll.

2. SOP Pemakaian Laboratorium
SOP ini menjelaskan secara umum tata tertib pelaksanaan praktikum dari mulai atribut yang harus dipakai, peminjaman alat sampai tanggung jawab praktikan sebelum meninggalkan laboratorium. SOP
ini bertujuan untuk menjaga ketertiban dan kelancaran jalannya praktikum.

3. SOP Pembuatan Jadwal Pemakaian Laboratorium
SOP ini menjelaskan tentang pembuatan jadwal praktikum oleh dosen pengampu mata kuliah terkait sehingga dalam pelaksanaan praktikum tidak terjadi tumpang tindih jadwal praktikum dari setiap program studi pengguna laboratorium.

4. SOP Pemakaian Laboratorium untuk Penelitian
SOP ini menjelaskan tentang tata cara pengajuan permohonan penggunaan laboratorium untuk penelitian disertai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku bagi seorang peneliti.

Tujuan akhir dari keempat SOP tersebut di atas adalah tercapainya pengelolaan laboratorium yang efektif dan efisien dan terciptanya suasana laboratorium yang kondusif sehingga dapat membangkitkan minat untuk melakukan penelitian baik bagi dosen maupun mahasiswa.

Tim Laboratorium,

Rina Budiati