SAMBUTAN REKTOR PADA RAPAT TERBUKA SENAT DALAM RANGKA DIES NATALIS KE 28 dan WISUDA KE 33 UNIVERSITAS PEKALONGAN

SAMBUTAN REKTOR PADA RAPAT TERBUKA SENAT DALAM RANGKA DIES NATALIS KE 28 dan WISUDA KE 33 UNIVERSITAS PEKALONGAN

Thursday, September 23 rd, 2010

Sabtu, 25 September 2010

“ Unikal , Upaya Merubah Tantangan menjadi Peluang, menuju Keunggulan Pengelolaan Pendidikan Tinggi “

Yth. Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan Samarthya

Yth. Sesepuh dan Pinisepuh yang berjasa atas pendirian Unikal dan perkembangan Unikal

Yth. Para Anggota Senat Universitas pekalongan

Yth. Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa tengah

Yth. Walikota Pekalongan, Bupati Pekalongan dan Batang serta Pemalang.

Yth. Para Pejabat Sipil dan Militer Kota dan Kabupaten Pekalongan

Yth. Para mantan Rektor Unikal

Yth. Pimpinan Fakultas, dosen, karyawan Unikal

Yth. Para undangan yang berbahagia

Yth. Wisudawan dan keluarga

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pertama tama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rakhmat dan hidayahNya, sehingga kita dapat hadir dalam keadaan sehat wal’afiat dalam acara Rapat Terbuka Senat dalam rangka Dies Natalis ke 28 dan wisuda sarjana strata satu( S-1) yang ke 33 Universitas Pekalongan.

 

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Memasuki usia yang ke 28 tahun, telah banyak kemajuan yang diraih Universitas Pekalongan dalam upaya mensejajarkan dirinya dengan perguruan tinggi swasta maupun negeri lain yang ternama. Meskipun dibalik keberhasilan tersebut tidak sedikit pula permasalahan dan hambatan yang kita jumpai, dalam perjalanan Universitas ini menuju cita-citanya. Dalam dinamika kebijakan perguruan tinggi yang ditetapkan pemerintah yang tertuang dalam PP No. 17 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaran Pendidikan banyak hal yang harus diantisipasi termasuk di dalamnya kebijakan akreditasi BAN PT yang dinamis dan standar minimal akreditasi akan ditingkatkan .

Untuk itu UNIKAL perlu  mengarahkan, mengendalikan dan mengukur dengan cara sistematis dan transparan kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan. Keberhasilan dapat tercapai jika penerapan  dan pemeliharaan sistem manajemen yang dirancang untuk memperbaiki kinerja unikal dapat memenuhi kepuasan pemangku kepentingan .

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Salah satu upaya yang dilaksanakan yaitu transformasi kelembagaan, terdapat suatu fase dimana kedinamisan (agility) sengaja diciptakan pada sistem dan organisasi untuk membentuk suatu budaya organisasi baru yang mampu beradaptasi terhadap perubahan yang juga bersifat sangat dinamis. Nilai budaya bersama, kepemimpinan, kompetensi, sumberdaya, stakeholders, sistem, strategi, struktur yang sudah ada selama ini di Unikal dan kemampuannya untuk berubah merupakan faktor-faktor utama yang akan menentukan keberhasilan terjadinya transformasi kelembagaan Unikal. Berjalannya transformasi Unikal, telah diidentifikasi adanya tiga komponen besar tantangan yang harus dihadapi yaitu:

1. Pengaruh budaya dan sistem kerja yang lama, sikap apriori terhadap perubahan, konflik kepentingan dari sumberdaya manusia Unikal.

2. Sumberdaya lainnya di luar SDM antara lain fasilitas, dana, informasi, dan waktu yang terbatas untuk dapat mendukung perubahan secara cepat dan mendukung gerak organisasi yang dinamis.

3. Struktur, sistem, dan manajemen organisasi yang mengatur kedua butir di atas.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kita mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk mengatasi tantangan, khususnya dalam bidang sumberdaya manusia dan sarana prasarana. Upaya-upaya ini dilakukan dengan menetapkan Kebijakan Pendayagunaan Sumberdaya unikal dimulai tahun 2010 yang mendukung terwujudnya keunggulan akademik, kesejahteraan, dan perubahan masyarakat. Tujuan dari penerapan kebijakan ini adalah untuk menjamin ketersediaan (availability), keandalan (reliability), kinerja fungsional (functional performance) dengan efisiensi maksimum sumberdaya yang diperlukan untuk mencapai sasaran program. Kebijakan ini melandasi semua gerak unit kerja menuju kepada keunggulan operasi dan transformasi. Alhamdulillah upaya ini mendapat dukungan dari Program Hibah Institusi (PHK-I) untuk tahun anggaran 2010 merupakan tahun pertama yang berlanjut sampai tahun anggaran 2012. Dan Program Hibah Pembinaan PTS (PHP-PTS) untuk tahun anggaran 2010.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Salah satu hambatan dan permasalahan besar yang akan kita hadapi untuk menuju PTS yang unggul adalah perubahan budaya kerja, menuju budaya profesionalisme. Perubahan tersebut akan membutuhkan waktu cukup lama apabila tidak diikuti dengan penciptaan iklim yang kondusif, misalnya dengan penerapan sistem ‘reward and punishment’ yang tegas. Selain itu, seorang pemimpin apapun tingkatannya, harus berbuat seadil adilnya kepada masyarakat dan komunitas yang dipimpinnya. Pemimpin harus berani memberikan sanksi kepada bawahan yang malas dan tidak berprestasi, sebaliknya seorang pemimpin juga harus mampu memberikan penghargaan kepada mereka yang rajin, penuh dedikasi dan loyal terhadap tugasnya.

Dalam kaitan ini, unikal telah menetapkan 7 tata nilai budaya kerja yaitu : Ihlas , 2. Loyal 3. Integritas ( kebenaran dan kejujuaran) 4. Komitmen 5. Kekeluargaan 6. Keterbukaan dan 7. Istikomah ( konsisten).

Tujuh tata nilai ini bila telah dihayati dan diamalkan oleh semua sivitas akademika, maka Unikal akan menjadi penerang bagi masyarakat dan mencapai kejayaannya/keunggulannya. Oleh karenanya kedisiplinan, kreatifitas dan kecerdasan semua pihak yang dijiwai oleh 7 (tujuh) tata nilai sebagaimana budaya kerja di atas dalam merancang dan menjalankan sistim merupakan kunci keberhasilan. Sebaik atau seideal apapun suatu rancangan atau konsep dan cita-cita yang ingin diraih tanpa kesiapan dan kesungguhan semua komponen tidak akan tercapai hasil yang diharapkan.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kecukupan sarana dan prasarana merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam menciptakan iklim akademik yang kondusif. Untuk itu diperlukan dana yang sangat besar, baik yang berasal dari pemerintah, masyarakat, unit usaha maupun dana dari para donatur yang harus kita manfaatkan semaksimal mungkin. Saat ini kita sedang mempersiapkan pembangunan Kampus tahap ke VI yang Insya Allah akan dilakukan peletakan batu pertama pada hari ini setelah acara ini , dengan lokasi yang semula direncanakan di lahan Jl. Sriwijaya dengan luas 6700 meter persegi , karena ada perkembangan dan pertimbangan lain khususnya nilai strategisnya, dipindahkan ke lokasi baru yang terletak di Jl. Tunas seluas 6150 meter persegi, yang posisinya persis berhadapan dengan kampus UNIKAL sekarang (sebelah selatan gedung ini). Keputusan ini juga atas dasar pertimbangan untuk memperkuat integrasi kampus. Perlu juga disampaikan untuk diketahui bersama bahwa tanah yang berlokasi di Jalan Tunas berhasil dibeli oleh UNIKAL pada waktu yang relative cepat sekitar 2 minggu terakhir dari pemiliknya. Sedangkan lokasi sebelumnya akan digunakan untuk keperluan pengembangan kampus dan student center 2 atau 3 tahun ke depan. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya mohon doa restu kepada segenap civitas akademika agar pembangunan tersebut dapat berjelan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Dalam kesempatan yang berbahagia bagi para wisudawan dan wisudawati beserta seluruh keluarga, perkenankan saya atas nama Senat Universitas Pekalongan bersama seluruh Sivitas Akademika menyampaikan selamat berbahagia atas sukses yang telah dicapai oleh para wisudawan dan wisudawati dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi ini. Kebahagaian anda adalah kebahagiaan UNIKAL, sukses anda adalah sukses UNIKAL. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mensyukurinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bagi kita sekalian.

Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia,

Pada saat saudara-saudara dilantik, janganlah dilihat sebagai akhir dari suatu proses pendidikan, namun sebagai awal dari suatu tanggung jawab. Tanggung jawab pada diri saudara-saudara, tanggung jawab pada keluarga dan tanggung jawab pada masyarakat, bangsa dan negara atas kewenangan yang diwujudkan dalam bentuk gelar yang saudara-saudara sandang sekarang. Saudara-saudara akan kembali ke tengah-tengah masyarakat dan bangsa yang penuh dengan berbagai persaingan dan tantangan yang tidak dapat dihindari tetapi harus dihadapi( Ilmu -Amaliah, Amal-Ilmiah). Saudara-saudara harus dapat menjadi dinamisator pembangunan, sebagai inovator, dan kalau dapat, hendaklah hindari kata “bingung” dalam diri anda. Perlu disadari bahwa persaingan terhadap lapangan kerja akan semakin ketat, mengingat akan membanjirnya tenaga kerja terdidik dari luar daerah bahkan dari luar negeri. Gunakanlah kemampuan ilmu dan keahlian yang telah diperoleh, juga hard skill dan soft skill yang anda miliki, untuk dapat bersaing secara sehat dalam meraih kesempatan kerja yang cocok bagi saudara-saudara dan juga menciptakan peluang ataupun kesempatan kerja atau berusaha bagi diri sendiri dan orang lain. Jagalah kehormatan dan nama baik saudara sebagai alumnus Universitas Pekalongan dan terus junjung tinggi nama almamater saudara. Pegang teguh janji wisudawan dan wisudawati yang baru saja saudara-saudara ucapkan. Wujudkan dalam sikap, tindak dan perilaku sehari-hari di tempat saudara-saudara bekerja dan mengabdi. Sekali lagi saya ucapkan selamat berbahagia atas keberhasilan yang saudara-saudara capai dari Universitas pekalongana yang kita cintai ini.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Pada akhir sambutan ini, perkenankan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :.

1. Pengurus Yayasan samartya Prof Dr.Ir. Soekisno Hadikoemoro sebagai Ketua Dewan Pembina Yayasan, Irjen Pol.Purn.Dr dr.H. Hadiman selaku Anggota Dewan Pembina, Irjen.Pol.Purn.Suprapto selaku Ketua , Dr.Ir. Sarwono Hardjo Mulyadi selaku sekretaris dan M.Rizal,SE selaku Pendahara .yang selalu memberikan dukungan dan saran serta persetujuan dalam pengelolaan Unikal.

2. Pimpinan instansi pemerintah, BUMN, BUMD, Swasta, Yayasan dan Perusahaan, para Alumni serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan baik dalam bentuk beasiswa, dukungan materi dan lain-lain dalam memperlancar kegiatan proses pembelajaran di Universitas Pekalongan

3. Dekan, Pembantu Dekan, Ketua Program Studi, Dosen, pegawai administrasi, teknisi, laboran, pustakawan, seluruh sivitas akademika UNIKAL atas kerja keras yang telah diabdikan bagi lembaga ini sehingga memungkinkan kita mewisuda para lulusan saat ini.

4. Kepada Bapak Dr.Ir. Sarwono Hardjo Mulyadi, atas kesediaannya membawakan pidato ilmiah dalam acara Dies Natalis ke 28 Unikal wisuda hari ini.

5. Orang tua dan keluarga para mahasiswa, khususnya para orang tua wisudawan dan wisudawati serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu dalam sambutan ini atas peran serta dukungannya dalam upaya mengembangkan Unikal .

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kepada Bapak/Ibu para undangan, kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kehadiran Bapak/ibu dan kesabarannya mengikuti jalannya Rapat Terbuka senat universitas pekalongan .

Semoga Allah Subhanahuwata’ala melimpahkan kepada kita kepedulian, kebersamaan, saling percaya satu dengan yang lain, kesabaran, kekuatan dan determinasi dalam menghelola UNIKAL dan bangsa ini ke tataran yang lebih maju dan sejahtera.

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu ’alaikum wr.wb.

Rektor,

Ttd

Suryani,S.H., M.Hum.

NIP. 19590910 198703 1 001

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty