Unikal-Menangkan-Hibah-Transfer-Kredit-Luar-Negeri

Unikal Menangkan Hibah Transfer Kredit Luar Negeri

KOTA PEKALONGAN – Universitas Pekalongan (Unikal) memenangkan hibah transfer kredit luar negeri tahun 2018, dari Dirgen Belmawa Dikti (Pembelajaran dan Kemahasiswaan). Hibah digunakan oleh Unikal sebagai pembiayaan bagi mahasisswa yang hendak mengikuti program pertukaran pelajaran ke Universitas Brunei Darussalam (UBD).

Demikian disampaikan Kepala International Office (IO) Unikal, Dwi Agustina MPd BI Phd, pada acara pembekalan mahasiswa yang akan diberangkatkan ke Brunei pada Senin besok.

Hal itu menjadi moment spesial bagi ke 3 mahasiswa yang berhasil lolos dari Belmawa dan Unikal, untuk berkesempatan belajar ke Brunei. Pasalnya dari 4 kali pemberangkatan tahuan ini, menjadi yang istimewa karena berhasil didanai oleh Pemerintah.

“Periode ini kita berangkatkan 3 mahasiswa pilihan, dari 50 mahasiswa yang mengikuti seleksi menyisakan 3 terbaik. Bahkan kompetensi mereka ini berhasil lolos beasiswa dari Belmawa,” ungkap Agustin, sapaan akrabnya.

Karena menurutnya tak mudah bisa lolos dari Belmawa. Ada sekitar 47 Universitas Negeri dan Swasta seluruh Indonesia yang mengajukan program hibah. Namun hanya 23 Universitas seluruh Indonesia yang berhasil mendapatkan dan Unikal adalah salah satunya.

“Dari Belmawa, mahasisw kami mendapatkan beasiswa Rp70 juta dibagi 3 anak. Namun standar dari Belmawa satu mahasiswa mendapat beasiswa 30juta, jadi sisanya Unikal yang menambahi,” imbuhnya.

Ada berbagai kualifikasi yang harus dipenuhi oleh para mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa dari Belmawa, antara lain toefl standar 450, mempunyai nilai akademik diatas 3, berorganisasi dan kemampuan di bidang seni.

“Dari syarat-syarat yang diajukan, ke 3 mahasiwa kami memiliki kemampuan diatas rata-rata yang ditentukan,” terang Agustin.
Ia berharap, ketiga mahasiswa yang mendapatkan kesempatan belajar keluar negri bisa menjadi teladan bagi mahasiswa lain, memotivasi para mahasiswa untuk lebih berprestasi.

Penulis: Malekha

Sumber : Radar Pekalongan