Program Pengenalan Perguruan Tinggi BEM Fakultas Ilmu Kesehatan

Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan formal yang mengemban  amanah untuk menciptakan masyarakat akademik yang cakap ilmu danmenjadi agen perubahan ( agent of change). Perguruan Tinggi juga secara formal merupakan pendidikan lanjutan yang mempunyai perbedaan cukup mendasar dengan pendidikan formal sebelumnya. Perbedaan  proses pembelajaran antara Perguruan Tinggi dengan Sekolah Menengah Atas ini, sejak dini harus diperkenalkan kepada mahasiswa baru, perbedaan tersebut tentunya memerlukan adaptasi terhadap lingkungan dan budaya baru yang ditempatinya, termasuk perbedaan lingkungan sosial.

Perguruan tinggi merupakan jenjang pendidikan tinggi formal yang memiliki peran penting dalam pengembangan pola pikir dan skill guna peningkatan sumber daya manusia. Ada peran penting yang diharapkan tumbuh dari dalam diri setiap mahasiswa sehingga ia dapat berkontribusi di masyarakat kelak untuk mengubah nasib jutaan bahkan milyaran warga Indonesia untuk menjadi lebih sejahtera dan maju. Ada 20% dana APBN untuk pendidikan yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. Mahasiswa harus membuktikan bahwa janji kehidupan yang lebih baik untuk bangsa Indonesia akan tercapai ketika masyarakat rela menginvestasikan dana yang besar demi kualitas pendidikan bangsa lebih maju. Amat disayangkan jika seorang mahasiswa tidak lagi tertanam idealism kontribusi, jiwa sosial tinggi, kepedulian terhadap kondisi permasalahan lingkungan masyarakat, padahal itulah peran utama mahasiswa. Terlalu miris jika mahasiswa hanya memikirkan nilai akademiknya, karir pribadinya, atau bahkan kesenangan dirinya saja. Padahal ada milyaran harapan perubahan yang disandarkan padanya. Untuk itu, kepahaman atas nilai dan peran tersebut mutlak tertanam dalam diri setiap mahasiswa. Nilai-nilai ini amat penting untuk ditanamkan sedini mungkin.

Proses kaderisasi menjadi proses penting dalam transformasi mahasiswa untuk menjadi bibit – bibit unggul yang akan membawa harum nama Indonesia hingga kancah internasional dan memberikan dampak kesejahteraan bagi warganya. Masa orientasi mahasiswa menjadi pintu gerbang utama dalam proses kaderisasi tersebut yang akan membuka pola pikir dan memberikan arah pandangan mahasiswa, sehingga tahap ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Masa orientasi akan membantu mahasiswa mengenali identitas dirinya sebagai seorang mahasiswa, mengenali lingkungan kampusnya, serta memahami peran serta fungsinya.

Atas dasar pemikiran diatas, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pekalongan dengan merujuk kepada Surat Edaran KEMENRISTEKDIKTI Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor: 413/B/SE/VII/2018 tentang Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) akan menyelenggarakan kegiatan orientasi pengenalan dengan nama “Program Pengenalan Perguruan Tinggi (PROPPERTI) Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Pekalongan Tahun 2018”.

PELAKSANAAN

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada :

Tanggal :  3-5 September 2018

Tempat :  Hall Parkir depan Galeri BNI Gedung E, Universitas Pekalongan

Location

New York