SAMBUTAN REKTOR PADA RAPAT TERBUKA SENAT DALAM RANGKA WISUDA KE 34 UNIVERSITAS PEKALONGAN

Thursday, March 24 th, 2011

Sabtu, 26 Maret 2011

“ Menyambut Peluang dan Kesempatan Baru”

Yth. Para Anggota Senat Universitas Pekalongan

Yth. Koordinator Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Yth. Pengurus Yayasan Samarthya

Yth. Para Pejabat Sipil dan Militer Kota dan Kabupaten Pekalongan, Pemalang dan Batang

Yth. Pimpinan Fakultas, Dosen, Karyawan Unikal

Yth. Para Orang Tua dan Keluarga Wisudawan dan Wisudawati

Yth. Tamu Undangan dan Hadirin yang berbahagia

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Pertamatama marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas rakhmat dan hidayahNya, sehingga kita dapat hadir dalam keadaan sehat wal’afiat dalam acara Rapat Terbuka Senat dalam rangka Wisuda Sarjana Strata satu ( S- 1 ) Universitas Pekalongan.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Salah satu hambatan dan permasalahan besar yang akan kita hadapi untuk menuju PTS yang unggul adalah perubahan budaya kerja, menuju budaya profesionalisme. Perubahan tersebut akan membutuhkan waktu cukup lama apabila tidak diikuti dengan penciptaan iklim yang kondusif. Di lain pihak, kecukupan sarana dan prasarana merupakan aspek yang tidak kalah penting dalam menciptakan iklim akademik yang kondusif. Untuk itu diperlukan dana yang sangat besar

Saat ini kita sedang melaksanakan pembangunan Kampus tahap ke VI dengan biaya Rp. 11 milyar yang dilaksanakan dengan tempo 6 bulan , insyaallah bulan juli akhir pembangunan telah dapat diselesaikan dan pada tahun akademi 2011 /2012 semester gasal sudah dapat digunakan untuk perkuliahan. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya mohon doa restu kepada segenap civitas akademika dan para hadirin agar pembangunan tersebut dapat berjalan sesuai dengan jadwal yang ditentukan.


Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Di sisi lain baru saja kita menyaksikan pemberian ijazah serta pelantikan dan pengukuhan sarjana/lulusan program S-1 sebanyak 168 Wisudawan . Melalui acara ini Universitas Pekaolongan melepaskan 168 orang lulusan untuk siap mengabdikan diri pada nusa dan bangsa. Apa yang baru kita saksikan ini adalah suatu upaya dalam pemerataan pendidikan di seluruh tanah air dalam rangka meningkatkan kualitas sumberdaya manusia. Acara ini pada dasarnya ditujukan sebagai salah satu bentuk evaluasi kinerja UNIKAL dan sekaligus sebagai pertanggungjawaban (akuntabilitas) dari Universitas Pekalongan kepada masyarakat dan pemerintah atas berbagai investasi terutama sarana dan prasarana yang dipercayakan kepada UNIKAL dalam proses penyelenggaraan pendidikan tinggi di tanah air kita.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Dalam kesempatan yang berbahagia bagi para wisudawan dan wisudawati beserta seluruh keluarga, perkenankan saya atas nama Senat Universitas Pekalongan bersama seluruh Sivitas Akademika menyampaikan selamat berbahagia atas sukses yang telah dicapai oleh para wisudawan dan wisudawati dalam menempuh pendidikan di Unikal ini. Ucapan selamat ini ditujukan pula kepada para orang tua dan sanak keluarga sekalian. Kebahagiaan anda adalah kebahagiaan UNIKAL, sukses anda adalah sukses UNIKAL. Oleh karena itu marilah kita bersama-sama mensyukurinya sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang bagi kita sekalian.

Wisudawan dan Wisudawati yang berbahagia,

Pada saat saudara-saudara dilantik, janganlah dilihat sebagai akhir dari suatu proses pendidikan, namun sebagai awal dari suatu tanggung jawab. Tanggung jawab pada diri saudara-saudara, tanggung jawab pada keluarga dan tanggung jawab pada masyarakat, bangsa dan negara atas kewenangan yang diwujudkan dalam bentuk gelar yang saudara-saudara sandang sekarang.

Saudara-saudara akan kembali ke tengah-tengah masyarakat dan bangsa yang penuh dengan berbagai persaingan dan tantangan yang tidak dapat dihindari tetapi harus dihadapi. Persaingan dan tantangan tersebut merupakan romantika dalam hidup yang harus dijalani dan harus diatasi. Oleh karena itu izinkan dalam kesempatan ini saya menyampaikan 5 (lima) pesan pada saudara :

1. Janganlah berpuas diri dengan apa yang saudara-saudara peroleh sekarang, tetapi dengan kemampuan yang saudara-saudara miliki sekarang hendaklah terus ditingkatkan untuk meraih keberhasilan, baik dalam persaingan memperoleh lapangan kerja maupun dalam menciptakan lapangan kerja sebagai wujud peran serta saudara dalam pembangunan bangsa dan negara.

2. Hendaklah terus belajar dan saya mengajak saudara-saudara untuk tidak saja menunggu tawaran atau kesempatan, Gunakanlah kemampuan ilmu dan keahlian yang telah diperoleh untuk dapat bersaing secara sehat dalam meraih kesempatan kerja yang cocok bagi saudara-saudara dan juga menciptakan peluang ataupun kesempatan kerja.

3. Jagalah kehormatan dan nama baik saudara sebagai alumnus Universitas Pekalongan dan terus junjung tinggi nama almamater saudara.

4. Hendaknya saudara-saudara bersikap rendah hati, hindari sikap angkuh, karena pada akhirnya masyarakat yang menguji dan menilai pengetahuan dan keahlian saudara-saudara.

5. Pegang teguh janji wisudawan dan wisudawati yang baru saja saudara-saudara ucapkan. Wujudkan dalam sikap, tindak dan perilaku sehari-hari di tempat saudara-saudara bekerja dan mengabdi. Sekali lagi saya ucapkan selamat berbahagia atas keberhasilan yang saudara-saudara capai dari Unikal ini.

Hadirin dan Undangan sekalian yang saya hormati,

Pada akhir sambutan ini, perkenankan saya untuk menyampaikan rasa terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :.

semua pimpinan instansi pemerintah, Swasta, Yayasan , para Alumni serta berbagai pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan baik dalam bentuk beasiswa, dukungan materi dan lain-lain dalam memperlancar kegiatan proses pembelajaran di Universitas Pekalongan .

Demikian pula pada kesempatan ini ingin saya menyampaikan rasa terima kasih kepada para Pembantu Dekan, para para Ketua Program Studi, para Dosen, pegawai administrasi, teknisi, laboran, pustakawan, seluruh sivitas akademika UNIKAL atas kerja keras yang telah diabdikan bagi Unikal ini sehingga memungkinkan kita mewisuda para lulusan saat ini.

Terima kasih yang sama pula saya sampaikan kepada para orang tua dan keluarga para mahasiswa, khususnya para orang tua wisudawan dan wisudawati serta semua pihak yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu dalam sambutan ini atas peran serta dukungannya dalam upaya mengembangkan Unikal.

Bapak, Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kepada Bapak/Ibu para undangan, kami ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas kehadiran Bapak/ibu dan kesabarannya mengikuti jalannya Rapat Terbuka ini.

Semoga Allah Subhanahuwata’ala melimpahkan kepada kita kepedulian, kebersamaan, saling percaya satu dengan yang lain, kesabaran,dan kekuatan dalam upaya menghela Unikal dan bangsa ini ke tataran yang lebih maju dan sejahtera.

Wabillahi taufik wal hidayah

Wassalamu ’alaikum wr.wb.

Rektor,

Ttd

Suryani,SH.MHum

Nip 19590910 198703 1001

We usually reply with 24 hours except for weekends. All emails are kept confidential and we do not spam in any ways.

Thank you for contacting us :)

Enter a Name

Enter a valid Email

Message cannot be empty